Segera hadir aplikasi umroh online. Direktur pembinaan Haji dan Umrah, Muhajirin Yanis mengatakan pembuatan aplikasi ini dimaksudkan untuk memudahkan Kementerian Agama dalam melakukan pemantauan atau monitoring terhadap jamaah umroh.

“Itu pelaporan sistem online untuk provider visa. Kami merencanakan setiap provider visa akan melaporkan pengeluaran visanya melalui sistem aplikasi pelaporan online,” ujar Muhajirin kepada Republika, Jumat (14/8).

Ia menjelaskan, salah satu bagian paling penting dalam penyelenggaraan ibadah umroh yakni provider visa. Provider visa-lah memiliki kewenangan untuk mengeluarkan visa jamaah.

Nantinya, melalui aplikasi ini setiap provider visa akan memasukan nama travel, nama calon jamaah, nomor visa jamaah, rencana keberangkatan, kedatangan di Arab Saudi dan lain sebagainya.

Ia melanjutkan, sebagai pihak melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah umroh, Kemenag membutuhkan berapa data riil jumlah jamaah umroh. Untuk itu Kemenag merancang aplikasi umroh online ini. “Harapannya agar kami dapat memonitor jumlah jamaah dan pemberangkatan . Dan mendapat data riil berapa jumlah jamah umroh,” katanya.

Rencananya, aplikasi ini akan diluncurkan pada musim umroh tahun mendatang.