Abdullah Ibnu Abbas paling termasyur di dunia kemajuan umat Islam. Sosoknya paling istimewa hingga ketika kecil Nabi Muhammad SAW pernah menggendong dan mendoakannya.

Sejatinya ialahmasih sepupu Rasulullah mempunyai daya ingat paling tajam. Dia pun salah satu saudara Baginda Rasul didoakan khusus.

Alkisah Ibnu Abbas pernah menolong Nabi Muhammad SAW. Kala itu, Rasulullah berkeinginan masuk ke masjid tetapi saat akan memungut wudhu airnya habis. Ketika terbit masjid air telah terisi penuh.

Lalu Nabi bertanya, “Siapa memenuhi air?” Kemudian semua sahabat Nabi menjawab, “Abdullah Ibnu Abbas, ya Rasulullah.”

Setelah mengetahui bila itu ialah hasil tuangan air Ibnu Abbas, kemudian Rasulullah berdoa.

“Ya Allah berikanlah pemahaman untuk Ibnu Abbas dan berikan apa saja bakal diketahui untuk umat Islam,” begitu doa diucapkan nabi.

Hingga akhirnya, Ibnu Abbas menjelma sebagai sosok memiliki keterampilan dahsyat, yakni berpengalaman tafsir. Bahkan saat dia berjalan, tidak sedikit orang bertanya kepadanya. Pemikirannya memiliki tidak sedikit manfaat untuk umat muslim tidak saja pada masanya tetapi juga sampai saat ini.

Tanda kebajikan terlihat pada Ibnu Abbas lainnya ialah ketika Ibnu Abbas wafat di usianya ke-70 tahun pada 68 Hijriyah. Saat itu, terdapat seekor burung masuk ke dalam kain kafannya. Burung tersebut tidak inginkan keluar sampai akhirnya dimakamkan bareng Ibnu Abbas. Jasad Ibnu Abbas dimakamkan di Thaif, Arab Saudi.

Penokohan Ibnu Abbas paling kuat sekarang diabadikan melewati perpustakaan. Lokasinya di sisi sebelah kiri Masjid Ibnu Abbas. Untuk jamaah membayar ibadah di masjid itu dapat dengan mudah mengejar relief dan manuskrip mengenai ayat suci serta tafsir di masa Nabi Muhammad SAW.